Tuesday, October 15, 2013

Alasan untuk menulis..

Ada alasan mengapa menulis menjadi suatu hal yang gemar penulis lakukan, bukanlah alasan yang spesifik, namun cukuplah alasan tersebut untuk diri penulis saja, jika ada yang mengikuti alasan atau saran penulis, setidaknya membuktikan bahwa apa yang mendasari penulis melakukan hal tersebut benar adanya, dan di sisi lain ada juga yang membaca tulisan ini dan bermanfaat..

Alasan pertama, menurut penulis, menulis merupakan suatu sarana untuk mengaktualisasikan diri penulis, mewujudkan apa yang ada dibenak penulis setidaknya menjadi suatu konsep, tidak hilang begitu saja..ide atau gagasan-gagasan seringkali muncul, dan seringkali juga tidak berada di tempatnya. Misalkan saja berada di kamar mandi, saat kita hendak mandi. Seringkali ide segar baik itu ide untuk tema tulisan, hal yang kita lakukan, atau bahkan evaluasi diri dari yang telah kita lakukan muncul dengan sangat brilian. Bahkan penulis seringkali berpikir, seandainya saja ada yang mau menciptakan tablet komputer seukuran kaca kamar mandi yang murah meriah sehingga setiap orang yang memiliki ide yang kebetulan sama-sama di kamar mandi, dapat segera menuangkannya dalam bentuk tulisan..

Alasan yang kedua adalah, dengan menulis, penulis tidak terlupa, bahkan jika penulis membuka kembali tulisan penulis, penulis menjadi ingat tentang apa yang pernah penulis rasakan, pernah penulis pikirkan..ya dengan membaca tulisan kita kembali, maka kita akan merasa bahwa kita pernah ada dan pernah menuangkannya dalam tulisan..Aku berpikir, maka aku ada..dan aku menuangkannya ke dalam bentuk tulisan lebih tepatnya baru aku ada.

Alasan ketiga, melalui tulisan, sebenarnya kita mengasah kemampuan bahasa tulis kita. Seseorang lancar dalam berbahasa indonesia secara komunikasi hal tersebut karena orang tersebut rajin untuk berbicara dalam bahasa indonesia..begitu juga dalam bahasa inggris..Hal yang mau penulis katakan adalah, dengan menulis, kita sebenarnya melakukan shaping atau membentuk bahasa tulisan kita sendiri.

Alasan keempat adalah, sebenarnya dengan menulis, penulis sekaligus belajar mengenai suatu hal..Banyak dari tulisan yang penulis keluarkan pada awalnya bukan karena penulis ahli di bidangnya, melainkan karena penulis pertama tertarik dengan suatu isu, kemudian penulis berpikir bahwa akan lebih baik jika kita menulisnya..maka kita akan mencari bahan lebih banyak lagi..itu makanya dulu guru-guru SD waktu penulis kecil selalu menasehati bahwa jika kita ingin belajar dan menjadi pintar, ada baiknya dilakukan sambil menulis..karena dua kali ilmu tersebut akan masuk ke kepala kita..nasihat orang terdahulu memang selalu baik..

Begitulah setidaknya alasan yang penulis ambil sebagai dasar mengapa penulis rajin menulis dan mengapa beberapa hari belakangan ini penulis banyak mengeluarkan tulisan-tulisan di beberapa blog penulis..semoga tulisan ini berguna bagi mereka yang sedang mencari inspirasi untuk memulai: menulis!